PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Rabu, 10 Juli 2013

Belajar dari Sejarah

Tarumanagara atau Kerajaan Taruma adalah kerajaan Hindu Wisnu yang pernah berkuasa di sebagian Pulau Jawa, pada abad ke-4 hingga abad ke-7. Didirikan oleh Jayasinghawarman, tahun 358, digantikan putranya, Dharmayawarman (382-395). Bukti keberadaan Kerajaan Taruma diketahui dari 7 prasasti yang ditemukan 5 di Bogor, 1 di Jakarta, dan 1 di Lebak, Banten.

Raja berikutnya, Purnawarman (395-434 M), memerintahkan penggalian Sungai Gomati dan Candrabaga (Kali Bekasi) sepanjang 6112 tombak (±11 km) tahun 417. Ia membangun ibukota kerajaan baru pada tahun 397 yang terletak lebih dekat ke pantai. Dinamainya kota itu Sundapura—pertama kalinya nama Sunda digunakan.

Prasasti Pasir Muara yang menyebutkan peristiwa pengembalian pemerintahan kepada Raja Sunda itu dibuat tahun 536 M. Dalam tahun tersebut yang menjadi penguasa Tarumanagara adalah Suryawarman (535-561 M), raja Taruma ke-7. Kerajaan Taruma ialah kelanjutan dari Salakanagara.

-----------------------------------------
Kutai Martadipura, kerajaan Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua. Terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu sungai Mahakam. Berdiri sekitar abad ke-4 oleh Kundungga, diteruskan putranya Asmawarman, lalu Mulawarman. Pada masa kepemimpinan ketiga raja, Kutai mengalami masa keemasan, dengan wilayah kekuasaan hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur sekarang.

Kerajaan Kutai berakhir pada masa kepemimpinan Dharmasetia yang tewas pada peperangan di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13, Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Perlu diingat Kutai Martadipura berbeda dengan Kutai Kartanegara yang saat itu ibukota di Kutai Lama (Tanjung Kute).

Kutai Kartanegara inilah, di tahun 1365, yang disebutkan dalam sastra Jawa Negarakertagama.

sumber : http://telegrav.wordpress.com/

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...